Sabtu, 30 September 2017

Daur Ulang Limbah Kardus : "Rumah-Rumahan Dari Kardus Bekas"


*Sebelumnya, saya merasa tahu diri bahwa karya saya ini tidaklah sebagus karya teman saya yang lain. Tapi setidaknya saya sudah berusaha untuk membuatnya dengan sebaik-baiknya. 

  Ingin membuat kreasi yang mudah, murah, dan sederhana? Rumah-rumahan serbaguna solusinya. Terbuat dari kardus bekas kertas A4 yang dapat kita jumpai di manapun, seperti tempat fotocopy-an. Pastinya kita dapat membelinya dengan sangat murah yaitu Rp500 saja. tapi apa sajakah kegunaan dari rumah-rumahan ini?

  Produk ini memiliki berbagai manfaat teruntuk bagi para pelajar. Manfaatnya yaitu dapat digunakan sebagai laci tempat penyimpanan barang-barang berukuran kecil. Terdapat dua bagian di rumah-rumahan ini.

     Yang pertama, ada laci di bagian depan rumah. Laci ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga dan alat tulis. Yang kedua, ada bagian atap yang salah satu sisinya dapat dibuka tutup. Gunanya juga hampir sama yaitu untuk menyimpan buku catatan kecil, pensil, pengaris, penyimpanan uang, dan lain sebagainya sesuai keinginan dari pemilik produk tersebut. Karena rumah-rumahan ini berukuran mini, jadi barang yang dapat dimasukkan kedalamnya juga harus berukuran kecil atau yang memang cukup untuk dimasukkan. Selain itu, rumah-rumahan ini juga bisa digunakan untuk rumah boneka bagi anak perempuan.

A. Alat dan bahan:

        Kardus bekas kertas A4
        Kertas kado
        Isolasi putih bening
        Gunting
        Penggaris
        Pensil
        Benang
        Lem kertas dan lem UHU




B. Cara pembuatan:

    1. Buatlah pola rumah pada kardus bekas kertas A4. Pada bagian depan kardus yang akan dibuat rumah, lubangi berbentuk persegi panjang pada bagian bawah untuk membuat tempat laci.
    2. Potong menurut pola yang telah digambar.
    3. Buatlah bagian atap rumah dengan cara menggabungkan 2 kardus berbentuk persegi panjang dengan menggunakan isolasi pada bagian tengah.
    4. Buatlah laci dengan menggabungkan seluruh bagian kardus yang telah dipotong-potong membentuk laci.
    5. Saat laci dimasukkan, pasti ada bagian sebelah kanan, kiri, dan atas yang longgar. Maka untuk mengakalinya, kita perlu menambahkan kardus disekeliling bagian itu sesuai ukuran yang kita inginkan.
    6. Lapisi seluruh tubuh kardus dengan menggunakan kertas kado.
    7. Pada bagian dalam tengah kardus, buatlah sekat untuk memisahkan bagian laci dengan bagian atap. Sekat berbentuk persegi panjang yang kemudian di tempatkan diantara dua bagian itu
    8. Tempelkan atap sebelah kiri/kanan (salah satunya) dengan menggunakan lem uhu. dan bagian yang satunya dibiarkan tidak di lem. Buat juga cantolan dengan benang untuk mengaitkan atap kardus yang terbuka dengan tubuh kardus.
    9. Hiaslah rumah-rumahan yang sudah jadi agar terlihat lebih indah dan menarik. Dan selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar